Bakpia Day Ngampilan ‘Manunggal Jati Cakra Manggiling’

NGAMPILAN - Masyarakat Kemantren Ngampilan bersama-sama dengan Komunitas Pengusaha Bakpia  kembali menggelar Bakpia Day. Bakpia Day sendiri merupakan gelaran rutin yang dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk rasa syukur masyarakat dan juga sebagai media promosi untuk memperkenalkan keberadaan pusat oleh-oleh khas Yogyakarta yang berada di Wilayah Ngampilan.  Diharapkan dengan adanya Bakpia Day, kawasan pusat oleh-oleh Bakpia dapat dikenal luas oleh Masyarakat Yogyakarta, Indonesia dan Mancanegara.

Dalam sambutanya, ketua panita Bakpia Day, Bapak Kusmantoro menjelaskan Bakpia Day kali ini mengusung tema " Manunggal Jati Cakra Manggiling". Manunggal Jati artinya bentuk bersatunya antara Jawa dengan Tionghoa, sedangkan Cakra Manggiling artinya dengan sebuah roda yang berputar untuk membawa perubahan. Dengan harapan kegiatan tersebut dapat menjadi spirit kebersamaan, kebangkitan dan kekuatan untuk membawa perubahan yang lebih baik dari sisi sosial, perekonomian, dan kesejahteraan masyarakat.

Bakpia Day kembali diadakan setelah 2 Tahun Vakum karena pandemi Covid19. Dengan melandainya pandemi dan dengan kembali berputarnya roda perekonomian diharapkan dengan adanya Bakpia Day dapat merubah kondisi sosial, perekonomian dan kessejahteraan masyarakat kearah yang lebih baik lagi.

Bakpia Day Dimeriahkan dengan Gunungan Bakpia yang berjulah tidak kurang darai 15.000 Bakpia, yang disusun menjadi Gunungan Lanang (laki-laki), Gunungan Wadon (perempuan) dan 2 Gunungan Anak. Gunungan tersebut merupakan hasil sumbangsih dari pengusaha Bakpia di Kawasan Pusat oleh-oleh Bakpia di Kelurahan Ngampilan. 

PENTAS SENI RUKUN WARGA KELURAHAN NGAMPILAN

Sebelum acara utama yaitu kirab/arak-arakan Bakpia dilaksanakan, terlebih dahulu acara Bakpia Day dimeriahkan dengan penampilan Pentas Seni dari kelompok Rukun Warga di wilayah Kelurahan Ngampilan. Pemenang diumumkan di akhir acara dengan hasil :

Juara 1 didapatkan oleh RW 5

Juara 2 didapatkan oleh RW 2

Juara 3 didapatkan oleh RW 7


KIRAB BAKPIA DI WILAYAH KELURAHAN NGAMPILAN

Sebelum acara inti Kirab Bakpia Day, terlebih dahulu dilaksanakan sambutan dari Mantri Pamong Praja Kemantren Ngampilan Ibu Endah Dwi Dinyastuti dan Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Bapak Tri Karyadi Riyanto. 

Sambutan Mantri Pamong Praja Kemantren Ngampilan

Dalam Sambutanya Ibu Endah Dinyastuti berharap agar Bakpia Day ini tidak hanya dikenal di wilayah Kota Yogyakarta akan tetapi juga dikenal sampai Mancanegara. Dalam acara Bakpia Day juga akan ditampilan Barongsai, hal tersebut merupakan bentuk akulturasi budaya yang terdapat di wilayah Kemantren Ngampilan.

Sambutan Kadin Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Mewakili Pj. Walikota, Bapak Tri Karyadi Riyanto sangat mengapresiasi dengan adanya gelaran Bakpia Day ini. Menurutnya acara ini merupakan bentuk nyata adanya partisipasi masyrakat untuk bahu-membahu meningkatkan kesejahteraan UKM di wilayah Ngampilan dan nguri-uri kebudayaan agar kearifan lokal nilai-nilai budaya Mataram Ngayogyakarta tetap lestari di masa mendatang.

Acara kemudian dilanjutkan dengan arak-arakan Bakpia Melalui Jalan KS. Tubun - Letjend Suprapto - KH Ahmad Dahlah - Jalan Bhayangkara - Jalan KS. Tubun didampingi dengan penampil pentas Seni se-Kelurahan Ngampilan.

Setelah Kirab dilaksanakan , tibalah pada puncak acara yaitu rayahan bakpia untuk dibagikan kepada masyarakat