Si Keren di Kemantren Ngampilan

Yogyakarta - Kemantren Ngampilan , Kota Yogyakarta menerima Tim Evaluasi Kinerja Kemantren (Si Keren) Kota Yogyakarta, tahun 2022, Senin (17/10/2022). Tim evaluasi  melakukan klarifikasi lapangan, menilai administrasi dan paparan atas hasil kinerja Kemantren Ngampilan.

Aspek yang dievaluasi tim sebagaimana dalam Keputusan Walikota Yogyakarta nomor 382 tahun 2022 tentang pedoman evaluasi kinerja kemantren, yang meliputi aspek penyelenggaraan tugas atributif, penyelenggaraan tugas delegatif, dan penyelenggaraan tugas pemerintahan umum. 

Selain itu, mengevaluasi penyelenggaraan pelayanan administrasi terpadu kemantren, dan tata kelola pemerintahan. Juga mengevaluasi inovasi, prestasi dan penghargaan kemantren serta aspek lain yang diperlukan sebagai tolak ukur kinerja kemantren

Hadir dalam evaluasi di Kemantren Ngampilan, antara lain asisten pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, Drs. Yunianto Dwisutono, Kabag Tata Pemerintahan, Taokhid, S.I.P., M.Si., Mantri Pamong Praja (MPP) Ngampilan, Endah Dwi Dinyastuti, SE., MM, kader dan tokoh masyarakat   dan Staf Kemantren Ngampilan.

Yunianto Dwisutono, dalam sambutannya mengatakan evaluasi kinerja merupakan bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang dipercayakan kepada setiap instansi pemerintah atas penggunaan anggaran. 

"Kegiatan Si Kiren dilakukan setiap tahun dan merupakan salah satu bentuk manifestasi dari evaluasi semua rangkaian yang telah dilakukan selama satu tahun anggaran", ujar Yunianto

Sementara Taokhid menambah bahwa isu strategis yang dihadapi Kemantren adalah peningkatan pelayanan kepada masyarakat, peningkatan Pemberdayaan Masyarakat, pembangunan Kewilayahan, pengarusutamaan gender dalam perencanaan pembangunan dan keterbukaan informasi publik.

Endah Dwi Dinyastuti dalam sambutannya menyatakan Si Keren, memberikan gambaran kinerja penyelenggaraan Pemerintah Kemantren Ngampilan secara jelas, transparan dan akuntabel. Selain itu, memberikan wujud pertanggungjawaban keberhasilan/kegagalan pencapaian target sasaran selama tahun anggaran yang dicerminkan dari hasil pencapaian kinerja.

"Meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Kemantren Ngampilan dalam penerapkan azas transparansi, sistematik dan akuntabilitas", ujar Endah di pendopo Kemantren Ngampilan.

Menurutnya, pelayanan kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh perangkat daerah Kemantren sering menjadi tolok ukur dari citra (nama baik) Kemantren sampai pada tataran pemerintah yang lebih tinggi. 

"Evaluasi diri Kemantren telah dilakukan. Selanjutnya penilaian administrasi dan lapangan kami serahkan kepada Tim Si Keren. Semoga hasil terbaik Si Keren dapat diraih Kemantren Ngampilan", pungkasnya.

#SiKerenKotaYogyakarta
#KemantrenNgampilan