Pemantauan dan Pengamanan Malam Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah

    Bertempat di Pendopo Kemantren Ngampilan pada hari Minggu (01/05/2022) pukul 20.00 telah dilaksanakan Apel Koordinasi Pemantauan dan Pengamanan Malam Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Apel dipimpin langsung oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Ngampilan Endah Dwi Dinyastuti, S.E., M.M dan Kapolsek Ngampilan Kompol Hendro Wahyono,S.H. M.H dan diikuti oleh Lurah, BKO, FKTB, Linmas dan seluruh Staf Kemantren Ngampilan. Kegiatan Pemantauan dan Pengamanan ini dilaksanakan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungan Kota Yogyakarta, khususnya Kemantren Ngampilan agar kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan tertib dan aman.

   Dalam instruksinya Mantri Pamong Praja menginstruksikan agar personil Kemantren Ngampilan dibagi menjadi 4 (empat) kelompok, 2 (dua) kelompok melakukan pemantauan dan pengamanan di wilayah Notoprajan, sedangkan 2 (dua) kelompok lainya di wilayah Ngampilan. Ditekankan juga bahwa hal yang lebih diutamakan dalam pemantauan dan pengamanan ini adalah keamanan dari rumah penduduk wilayah Notoprajan dan Ngampilan yang kosong karena ditinggalkan oleh penghuninya untuk merayakan malam Takbiran. 

   Dalam kesempatan ini juga Kapolsek Ngampilan Kompol Hendro Wahyono, S.H. M.H menyampaikan bahwa dalam rangka menyambut Hari Lebaran 1443 Hijriah tahun ini ada 8 (delapan) titik lokasi  yang melakukan takbir keliling di wilayah Kemantren ngampilan. Namun begitu petugas akan memastikan bahwa Takbir Keliling berjalan dengan tertib, dengan tidak menutupi jalan dan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

   Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan personil Kemantren Ngampilan melakukan pemantauan dan pengamanan dengan memasuki jalanan kampung di wilayah Notoprajan dan Ngampilan guna memastikan keadaan aman terkendali. Kondisi dapat dikatakan aman dan kondusif karena pada setiap wilayah rukun warga, warga secara gotong-royong menjaga keamanan wilayah mereka sendiri dengan menduduki pos-pos penjagaan. 

Pemantauan dan Pengamanan Malam Lebaran 2022

   Personil kemudian melanjutkan perjalanan untuk menuju pos pengamatan 18 (delapan belas) yang terletak di perempatan Ngabean. Jalanan sempat macet saat beberapa kelompok Takbir Keliling bertemu di perempatan Ngabean, akan tetapi kemacetan tidak berlangsung lama dan jalan sudah mulai lancar kembali memasuki pukul 21.00.